Tuesday, May 8, 2012

Prospek Pengembangan Ayam Hias

Keberadaan ayam hias pada masa kini dan mendatang dirasa semakin perlu, mengingat fungsi ayam hias dan objek lainnya yang serba hias adalah untuk mengurangi stres dan tekanan hidup yang serba tinggi terutama di kota besar. Mengenal aneka ayam hias merupakan saat awal untuk mendapatkan jenis ayam hias yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita. Berawal dari mengenal maka diharapkan kita dapat membudidayakan serta mengembangkan lebih lanjut sehingga dapat menjadikan salah satu sumber pendapatan keluarga. Untuk itu perlu didukung dengan berbagai informasi tentang aneka jenis ayam hias.

Ayam hias dipelihara untuk mendapatkan bentuk badan dan warm bulu yang indah, serta suara yang merdu. Faktor ini yang menyebabkan masyarakat (para peternak dan hobiies) memelihara ayam hias untuk menghilangkan stress dari tekanan hidup yang tinggi di kota besar.. Jenis dan ragam ayam hias yang ada di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Ada yang sangat spesifik berasal dari daerah-daerah di Indonesia seperti ayam Balenggek dari Sumatera Barat, atau ayam Pelung dari Jawa Barat dan lain sebagainya. Ada pula yang berasal dari luar negeri (import) seperti ayam hias skyner introduksi dari Prancis, Ayam Black Poland introduksi Polandia dan lain sebagainya.

Aneka ayam hias ini mempunyai bentuk, ciri, serta potensi pengembangan yang berbeda dengan jenis lainnya. Oleh karena itu dalam pemeliharaan dan pengembangannya diperlukan pengetahuan dan informasi yang lengkap tentang aneka ayam hias yang ada.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More